GURU FAVORIT SAMPANG

Lebih Dekat dengan Farihatul Jannah, Guru Terfavorit Sampang
Sangat Mencintai Profesinya, Pulang Pergi Sampang-Pamekasaan

Bagi Dra Farihatul Jannah, predikat guru terfavorit versi pilihan pembaca Radar Madura dianggap sebuah anugerah dan rahmat dari Allah SWT. Sebab, di luar dugaan wanita berkerudung ini mampu meraup dukungan terbanyak dari pembaca Korannya Orang Madura.

HARIYANTO, Sampang

MALAM resepsi Anugerah Guru Favorit yang digelar di pendapa bupati pada Minggu (4/7) menjadi momen yang bersejarah bagi Farihatul Jannah. Sebab, wanita asal Pamekasan ini ditetapkan sebagai guru terfavorit versi pembaca setia Radar Madura. Itu setelah, Jannah-saapan akrab Farihatul Jannah-mampu meraup dukungan kupon terbanyak dibanding 11 nominator yang lain.

Berdasar hasil perolehan kupon dukungan yang disampaikan ketua dewan juri Jupri Riyadi, guru SMPN 2 Sampang ini berhasil mengumpulkan dukungan sebanyak 22,9 persen. Ahmad Taufiq SPd yang ditetapkan juara II mendapat dukungan 19,9 persen. Selanjutnya Junairi SPd yang ditahbiskan juara III meraup dukungan 12,8 persen. Penetapan juara dilakukan setelah ke 12 nominator diminta menjawab pertanyaan di depan audien.

Begitu dinyatakan sebagai guru terfavorit, wanita kelahiran 2 April 1967 ini terlihat girang bercampur kaget. Bersama keempat rekannya, Jannah lalu diminta maju ke depan guna menerima hadiah berupa satu netbook dari Radar Madura yang diserahkan langsung Bupati Noer Tjahja. “Ini benar-benar rahmat dan karuniai dari Allah SWT. Jadi, saya harus bersyukur,” ujarnya yang ditemui koran ini di SMPN 2 Sampang kemarin (7/7).

Menurut dia, apa yang diraihnya saat ini tidak lepas dari dukungan segenap pendukung yang tersebar di empat kabupaten di Madura. Utamanya, murid, alumni, dan guru SMPN 2 Sampang. “Saya menyampaikan terima kasih kepada semua pendukung yang tidak bisa disebut satu persatu. Apresiasi juga saya sampaikan kepada orang tua saya yang sedang terbaring sakit tapi tidak lupa mendoakan anaknya,” ungkapnya.

Istri Suyono ini mengaku tidak menyangka bakal menjadi guru terfavorit. Alasannya, karena 11 nominator yang lain dinilai memiliki kemampuan lebih dibanding dirinya. “Predikat yang saya gelar ini dianggap sebagai tantangan dan motivasi untuk meningkatkan kinerja dan profesionalisme sebagai tenaga pendidik. Sebab, kalau perilaku saya kurang berkenan, nanti pasti disorot,” katanya.

Dijelaskan, begitu diumumkan di Radar Madura sebagai guru terfavorit, wanita berusia 43 tahun ini merasa semakin terkenal. Buktinya, saat keluar rumah selalu disapa tetangga dan orang lain desa. Bahkan, saat belanja ke pasar pun mendapat ucapan selamat dari kenalannya. “Sebagai putri mantan kepala desa, saya merasa sudah cukup dikenal. Tapi setelah ditetapkan sebagai guru favorit, saya merasa semakin terkenal,” paparnya.

Ibu yang dikaruniai dua anak ini mengaku sangat senang atas apresiasi masyarakat. Apalagi, sebagian orang menganggapnya sebagai sosok yang ikut mengharumkan nama baik Kabupaten Pamekasan. “Saya sekarang juga rajin browsing untuk menjelajahi dunia maya. Sebab, eman-eman kalau hadiah netbook yang saya terima tidak dimanfaatkan secara maksimal. Apalagi, sekolah (SMPN 2 Sampang, Red) sekarang sudah menyediakan layanan wifi gratis,” terangnya.

Ketika ditanya suka duka menjadi guru, Jannah mengaku sangat mencintai profesinya. “Sebelum berstatus pegawai negeri sipil (PNS), saya dulu sempat sukwan (tenaga sukarekawan) di SMAN 1 Ketapang selama dua tahun. Pada 2004, saya diangkat menjadi PNS dan mengajar di SMPN 1 Sokobanah. Tapi, saya tetap menjadi guru bantu di SMAN 1 Ketapang karena jumlah guru yang ada minim,” kata wanita yang memilih menetap saat mengajar di Sampang utara tersebut.

Jannah mengungkapkan, dia memutuskan mengajukan pindah sekolah karena orang tuanya mulai sakit-sakitan. Apalagi, tidak ada saudara yang setiap hari bisa ngrewangi orang tuanya. “Maklum, usia orang tua saya sekarang sudah 80 tahun. Alhamdulillah, sekarang saya bisa merawat orang tua yang telah berjasa dan mendoakan yang terbaik buat anak-anaknya,” tandasnya yang rela pulang-pergi Sampang-Pamekasan demi murid tercintanya. (RADAR MADURA)

By smp negeri 2 sampang Posted in Tak Berkategori Dengan kaitkata