1000 MCK untuk Peserta Jamnas 2011

Sebanyak 1.000 unit fasilitas mandi, cuci dan kakus (MCK) disiapkan untuk menyambut puluhan ribu peserta Jambore Nasional (Jamnas) Pramuka di Teluk Gelam, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Juli 2011 mendatang.

“Saya minta paling tidak disiapkan 1.000 unit MCK, dan soal air bersih jangan sampai menjadi keluhan peserta,” kata Bupati OKI, Ir H Ishak Mekki, MM saat membuka rapat koordinasi persiapan Jamnas Pramuka 2011 di Hotel Kembar Teluk Gelam, Kamis (27/1).
Bupati menekankan, Jamnas ini akan diikuti sekitar 25.000 peserta, yang setiap saat membutuhkan air bersih dan MCK. “Soal MCK dan air bersih ini jangan sampai ada hambatan,” pesan Ishak seraya menambahkan, seluruh dinas instansi yang merasa ada programnya di kegiatan Jamnas secepatnya menuntaskan tugas dan tanggungjawabnya.

Kekuatiran terhadap kurangnya MCK dan air bersih ini sempat diutarakan Bayu Tresna, konsultan/Andalan Nasional Gerakan Pramuka. Menurutnya, MCK dan air bersih sangat penting dan kebutuhan pokok.

“Kita belajar dari Jambore yang sudah-sudah, biasanya masalah yang selalu timbul adalah masalah MCK, karena MCK merupakan tempat umum yang harus dapat dijaga oleh semua orang,” ucapnya.

Sementara itu fasilitas kegiatan outbound untuk Jambore Nasional 2011 di kawasan Obyek Wisata Danau Teluk Gelam Kabupaten OKI, 2-9 Juli 2011 mendatang, siap digunakan.

“Ada fasilitas untuk 20 jenis permainan yang dibangun di Bumi Perkemahan Kwarcab OKI, sejak sebulan lalu sudah selesai,” kata Ketua Harian Kwartir Cabang Gerakan Pramuka OKI, H Muslim SE MSi didampingi koordinator pelaksana pembangunan fasititas outbound.

Fasilitas outbound dimaksud adalah flying fox, two line bridge V-bridge/elvis bridge, spiderweb, rock climbing, balance beam, chair bridge, bosun chair, mono log, cargo net, chriss cross, lili pad, swing log dan permainan lainnya. sumber: Sriwijaya Post (std)

By smp negeri 2 sampang Posted in BERITA