JELANG RAKERDA KWARDA, GUS IPUL PIMPIN PLENO

Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Gerakan Pramuka Kwarda Jawa Timur pada 16 April mendatang di di Bhakti Alam, Desa Ngembal, Kec Tutur, Kabupaten Pasuruan. Guna mematangkan persiapannya, Kamis (7/4) sore Ketua Kwarda Jatim, Drs H Saifullah Yusuf menggelar rapat pleno persiapan di kantor Kwarda Jatim, Jalan Kertajaya.

Gus Ipul, sapaan akrab Ketua Kwarda usai pleno menjelaskan, dengan diadakannya pleno ini diharapkan dapat mempersiapakan Rakerda yang akan diikuti seluruh Kwartir Cabang se-Jatim. “Sejauh ini, belum ada kendala untuk persiapannya. Yang pasti Rakerda tetap akan mengacu pada Visi dan Misi Kepengurusan Kwarda periode 2011-2015,” katanya.
Adapun visi dari kepengurusan di bawah Gus Ipul saat ini adalah menjadikan Gerakan Pramuka sebagai pilihan menarik anak dan remaja Jatim dalam mengembangkan dan membangun karakter diri. Sedangkan misinya untuk membentuk anak dan remaja yang beriman, bertakwa, sehat, mandiri, terampil, tanggap, peduli, dan berjiwa wirausaha.
Selain itu, Kwarda juga menargetkan penyediaan dan penyelenggaraan media belajar yang dinamis melalui kegiatan menarik dan menantang, mendorong anak dan remaja berkembang secara seimbang antara fisik, emosi, spiritual, sosial, dan intelektual, serta mendorong hadirnya media belajar non formal yang sesuai dengan minat dan tuntutan zaman.
Gerakan Pramuka Jawa Timur kini juga tengah mendengungkan target revitalisasi dengan berpedoman pada 3 prinsip. Pertama adalah mengembalikan jati diri Pramuka sebagai organisasi pendidikan, organisasi gerakan, dan organisasi kepanduan. Kedua, melakukan inovasi di berbagai sektor dengan memperhatikan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Ketiga, menjadikan Gerakan Pramuka sebagai milik rakyat.
Untuk program prioritas yang bakal digalakkan selama satu periode hingga 2015 adalah peningkatan kualitas anggota dewasa dan instruktur, inovasi kurikulum pelatihan, dan penggunaan teknologi. Kwarda juga menargetkan program perluasan jaringan, penguatan eksistensi dan kapasitas organisasi, memperkokoh Gugus Depan, Satuan Karya, dan Pramuka Peduli, serta membangun sistem informasi dan komunikasi yang modern.
Sasaran program yang akan dijalankan tersebut yakni anggota muda diperluas dengan sasaran siswa kelas 2 SMP/sederajat serta kelas 2 SMA/sederajat. Anggota dewasa juga diperkuat dengan meningkatkan kapasitas dan kualitas, membuat gugus-gugus baru di tempat-tempat yang belum terjangkau seperti di lingkungan Pondok Pesantren dan sejenisnya dengan menyerap kearifan lokal.
Gus Ipul menegaskan, jika lima tahun ke depan merupakan kebangkitan Pramuka Jatim. Untuk itu, Gus Ipul akan mengupayakan pembuatan model-model serta inovasi baru pendidikan kepramukaan dengan kemasan baru. Karena situasinya sudah berbeda dan tidak sama sehingga semangat kepramukaan atau gagasannya harus mengena dengan pola pikir anak sekarang.
Dari hasil koordinasi pleno, Rakerda akan dibuka oleh Gubernur Jatim, Dr H Soekarwo selaku Ketua Mejelis Pembimbing Dearah (Kamabida) Kwarda Jatim. Ketua Harian Kwarda Jatim, Dr Rasiyo MM selaku mengatakan, acara Rakerda akan dilaksanakan selama dua hari, yakni Sabtu dan Minggu (16 dan 17 April). Untuk pembukaan oleh Gubernur dilaksanakan pada hari pertama oleh pada pukul 19.30 WIB.
Usai pembukaan, acara dilanjutkan dengan pengarahan Rakerda oleh Ketua Kwarda Jatim, Drs H Saifullah Yusuf pada pukul 20.30 WIB. Targetnya, acara inti rakerda baru akan dilaksanakan pada hari kedua hingga penutupan yang akan dipimpin oleh Gus Ipul, sapaan akrab Ketua Kwarda Jatim. Rencananya, sebelum rakerda dimulai, seluruh jajaran pengurus Kwarda akan melaksanakan orientasi pengurus pleno Kwarda sebelum pembukaan pada pukul 13.30 WIB di Bhakti Alam. (afr)
(Oleh : Dinas Komunikasi dan Informatika Prov. Jatim)