Ijasah 2011 ada Nilai Sekolah dan Nilai UN

Format depan ( jika ingin gambar aslinya klik pada gambar tersebut)

Format ijasah tahun pelajaran 2010/2011 mempunyai bentuk yang baru. Dimana dalam blangko penilaian terdapat dua bagian, yaitu

Bagian I
Berisi nilai rata-rata raport, nilai Ujian Sekolah, dan nilai sekolah untuk semua mata pelajaran yang diajarkan di sekolah.

Bagian II
Berisi nilai sekolah, nilai ujian nasional, dan nilai akhir.

Kalau diliat dari formatnya, ijasah tahun pelajaran 2010/2011 ini menjadi pertaruhan kredibilitas sekolah. Maksudnya apabila suatu sekolah tidak mau mengambil resiko bagi peserta didiknya tidak lulus tentu sekolah tersebut akan memberikan nilai sekolah yang besar. Namun resikonya sudah barang tentu bagaimana kemampuan peserta didiknya. Jika siswa memang mempunyai kemampuan yang baik tidak akan jadi masalah. Namun apabila siswa mempunyai kemampuan yang rendah tentu nilai ujian nasionalnya akan rendah.

Jika terjadi demikian, tentunya akan terjadi perbedaan nilai yang jauh antara nilai sekolah dengan nilai ujian nasional. Kalau ini terjadi siapa yang malu ? Sudah pasti selain siswa itu sendiri juga sekolah tersebut perlu dipertanyakan kredibilitasnya, mengapa memberikan nilai sekolah yang tinggi.
diambil dari (Ibnufajar75’s Blog )

By smp negeri 2 sampang Posted in BERITA

5 comments on “Ijasah 2011 ada Nilai Sekolah dan Nilai UN

  1. Wah, bisa bikin heboh sekolah se sampang nih….tapi semoga bisa ditemukan solusinya….

  2. penulisan nilai Rata2 raport dll pada ijazah apakah sudah dikalikan 40 % & 60 % atau masih nilai utuh ?

    • maksudnya pada ijasah 2011 dibaliknya dicantumkan semua nilai tidak seperti biasanya hanya satu nilai ( lihat contoh

Komentar ditutup.