Mendikbud Letakkan Batu Pertama Pembangunan Poltera

Mendikbud Mohammad Nuh menargetkan pembangunan Politeknik Negeri Madura (Poltera) akan selesai tahun 2014. Presiden memerintahkan untuk membangun Madura dan bukan membangun di Madura.

Demikian disampaikan Mendikbud Mohammad Nuh, Minggu (11/11) di Sampang dalam peletakan batu pertama pembangunan Poltera. Kesungguhan membangun Madura, sebagaimana disampaikan Nuh, terlihat dari rombongan yang dibawa antara lain sejumlah staf Kemdikbud dan para pimpinan ITS, PENS, PPNS, dan Unesa.

“Dua bulan lalu, Presiden membahas khusus masalah pembangunan Madura dalam sebuah rapat kabinet. Beliau berharap untuk membangun Madura dan bukan membangun di Madura. Saya menyampaikan masukan terkait pendidikan,” kata Mendikbud. Usai melakukan peletakan batu pertama, Mendikbud menyampaikan kuliah umum di Pendopo Kabupaten Sampang.

Menurut mantan Rektor ITS Surabaya itu, pihaknya telah memberikan dukungan penuh kepada Poltera mulai dari status kelembagaan, dana, dan pendampingan untuk tahap awal. “Status kelembagaan sudah jelas dengan adanya Permendikbud 67/2012 yang menyatakan Poltera adalah politeknik negeri, sedangkan dukungan dana berkisar Rp75 miliar hingga Rp 100 miliar yang dikucurkan secara bertahap,” ungkapnya.

Oleh karena itu, katanya menambahkan, pembangunan Poltera dimulai tahun 2012, kemudian tahun berikutnya mungkin sudah ada ruangan untuk tiga program studi dan secara bertahap hingga 2014 akan dibangun ruangan untuk mencukupi politeknik dengan D3 (diploma-3) itu.

Untuk pendampingan, kata mantan Menkominfo ini, Poltera yang belum mempunyai gedung itu sudah memiliki 67 mahasiswa yang “dititipkan” pada PPNS dan PENS, karena Poltera membuka tiga program studi yakni Teknik Bangunan Kapal (PPNS), Teknik Listrik Industri (PENS), dan Teknik Mesin Alat Berat (PPNS).

“Untuk tenaga dosen juga sudah ada beberapa orang Madura yang sedang studi S2 dan S3 di ITS, sehingga tinggal ditugaskan untuk kembali ke kampung halaman dengan mengajar di Poltera,” tuturnya.

Nuh menambahkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berkeinginan untuk datang ke Madura guna melihat langsung berbagai pembangunan yang berlangsung di sana. Direncanakan awal tahun 2013 Presiden SBY akan berkunjung ke Madura. Poltera dibangun diatas lahan seluas 10 hektar dan diharapkan selesai pembangunannya pada tahun 2014. (kem)
SUMBER

Iklan