Etika dalam Penulisan Laporan Penelitian (Karya Tulis Ilmiah)


Author: Suhadi

Pernah membuat karya tulis ilmiah berupa laporan penelitian? Kalau Anda guru, mungkin Anda sudah beberapa kali melakukannya, misalnya menulis laporan penelitian tindakan kelas (PTK). Atau bentuk-bentuk penelitian lainnya. Dalam menulis sebuah laporan penelitian, paling tidak ada tiga hal yang harus kita perhatikan, sebagai tanda kita memiliki etika. Ketiga hal tersebut adalah:

Pertama: Kejujuran

“Kejujuran merupakan mata uang yang berharga di mana saja,” demikian sebuah untaian kata mutiara mengatakan. Kejujuran dalam penulisan laporan penelitian atau karya tulis ilmiah berkaitan dengan banyak hal. Kejujuran harus dijunjung tinggi, baik bagi kepentingan diri penulis laporan penelitian itu sendiri maupun bagi masyarakat luas yang akan membacanya. Dalam sebuah laporan penelitian, semua informasi atau data yang disajikan haruslah sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Adalah sangat tidak etis dan berbahaya jika data dimanipulasi sehingga tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Jangan sekali-kali mengubah data karena ingin menampilkan bahwa penelitian yang Anda lakukan berhasil.

Kedua: Objektivitas

Objektivitas sangat berkaitan dengan kejujuran. Jika Anda bersikap objektif, maka dalam laporan penelitian atau karya tulis ilmiah yang Anda buat, penafsiran atau interpretasi data yang dilakukan disandarkan pada objektivitas. Bukan subjektivitas. Objektivitas yang tinggi akan mencerminkan hasil penelitian yang sesuai dengan keadaan sebenarnya, sedangkan objektivitas yang rendah akan dengan sendirinya menurunkan harkat dari penelitian yang Anda lakukan.

Ketiga: Pengutipan

Bila Anda mengutip pendapat orang lain, baik dalam mengambil kutipan langsung atau hanya mengambil intisari pendapat, maka sumber kutipan harus dicantumkan sebagai bentuk penghargaan kepada pemilik ide tersebut.

( suhadinet)

Tinggalkan sebuah Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s