Langkah-Langkah PTK Model Cohen dan Manion


Dari model (Cohen dan Manion (1980), ada beberapa langkah yang hendaknya diikuti dalam melakukan Penelitian tindakan kelas (PTK). Beberapa langkah tersebut adalah sebagai berikut.

LANGKAH PERTAMA: MENGIDENTIFIKASI DAN MERUMUSKAN MASALAH

Mengidentifikasi dan merumuskan masalah yang dianggap penting dan kritis yang harus segera dicarikan penyelesaian dalam pembelajaran seharihari, antara lain meliputi ruang lingkup masalah, identifikasi masalah dan perumusan masalah.

a. Ruang lingkup masalah

Di bidang pendidikan, PTK telah digunakan untuk pengembangan kurikulum dan program perbaikan sekolah. Contoh PTK dalam pembelajaran berkaitan dengan: (1) metode/strategi pembelajaran; (2) media pembelajaran.

b. Identifikasi masalah

Masalah yang akan diteliti memang ada dan sering muncul selama proses pembelajaran sehari-hari sehingga perlu dicarikan penyelesaian. Ada beberapa kriteria dalam menentukan masalah yaitu: (1) masalahnya memang penting dan sekaligus signifikan dilihat dari segi pengembangan kelas dan sekolah;

2) masalah hendaknya dalam jangkauan penanganan; (3) pernyataan masalahnya harus mengungkap beberapa dimensi fundamental mengenai penyebab dan faktor, sehingga pemecahannya dapat dilakukan berdasar hal-hal fundamental ini dari pada berdasarkan fenomena dangkal.

c. Perumusan masalah

Pada intinya, rumusan masalah seharusnya mengandung deskripsi tentang kenyataan yang ada dan keadaan yang diinginkan. Dalam merumuskan masalah PTK, ada beberapa petunjuk yang dapat digunakan sebagai acuan yang disarikan dari Suyanto (1997) dan Sukarnyana (1997). Beberapa petunjuk tersebut antara lain: (1) masalah hendaknya dirumuskan secara jelas, dalam arti tidak mempunyai makna ganda dan pada umumnya dapat dituangkan dalam kalimat tanya; (2) rumusan masalah hendaknya menunjukkan jenis tindakan yang akan dilakukan dan hubungannya dengan variabel lain; (3) rumusan masalah hendaknya dapat diuji secara empirik, artinya dengan rumusan masalah itu memungkinkan dikumpulkannya data untuk menjawab pertanyaan tersebut.

LANGKAH KEDUA: ANALISIS MASALAH

Analisis masalah perlu dilakukan untuk mengetahui dimensi-dimensi problem yang ada untuk mengidentifikasi aspek-aspek pentingnya sehingga dapat memberikan penekanan tindakan.

LANGKAH KETIGA: MERUMUSKAN HIPOTESIS TINDAKAN

Hipotesis dalam PTK bukan hipotesis perbedaan atau hubungan, melainkan hipotesis tindakan. Rumusan hipotesis tindakan memuat jawaban sementara terhadap persoalan yang diajukan dalam PTK. Jawaban itu masih bersifat teoritik dan dianggap benar sebelum terbukti salah melalui pembuktian dengan menggunakan data dari PTK.

LANGKAH KEEMPAT: MEMBUAT RENCANA TINDAKAN DAN PEMANTAUAN

Rencana tindakan memuat informasi-informasi tentang hal-hal sebagai berikut: (a) apa yang diperlukan untuk menentukan kemungkinan pemecahan masalah yang telah dirumuskan; (b) alat-alat dan teknik yang diperlukan untuk mengumpulkan data; (c) rencana pencatatan data dan pengolahannya; (d) rencana untuk melaksanakan tindakan dan evaluasi hasil.

 

LANGKAH KELIMA: PELAKSANAAN TINDAKAN DAN PENCATATAN

Pelaksanaan tindakan yang telah direncanakan hendaknya cukup fleksibel untuk mencapai perbaikan yang diinginkan. Dalam hal ini jika sesuatu terjadi dan memerlukan perubahan karena tuntutan situasi (pada saat pelaksanaan tindakan), maka peneliti hendaknya siap melakukan perubahan asal perubahan tersebut mendukung tercapainya tujuan PTK. Pada saat pelaksanaan tindakan berarti pengumpulan data mulai dilakukan. Data yang dikumpulkan mencakup semua yang dilakukan oleh tim peneliti yang terkait dalam PTK, antara lain melalui angket, catatan lapangan, wawancara, rekaman video, foto, dan slide.

LANGKAH KEENAM: MENGOLAH DAN MENAFSIRKAN DATA

Isi semua catatan hendaknya dilihat dan dijadikan landasan untuk refleksi. Dalam hal ini peneliti harus membandingkan isi catatan yang dilakukan tim untuk menentukan hasil temuan. Semua yang terjadi baik yang direncanakan maupun yang tidak direncanakan perlu dianalisis untuk menentukan apakah ada perubahan yang signifikan ke arah perbaikan (suhadinet)

 

2 comments on “Langkah-Langkah PTK Model Cohen dan Manion

Tinggalkan sebuah Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s